Life StylePendidikan
Trending

Tips Memilih Air Kemasan yang Baik

Kesehatan tubuh sangat bergantung kepada beberapa faktor, salah satunya adalah air yang sehat. Sebelum mengonsumsi air tapi perlu mengetahui cara memilih air mineral yang bagus dan bermanfaat.

Tubuh yang sehat menjadi idaman banyak orang, tentu dengan konsumsi air yang baik dan rutin akan memberikan dampak yang sangat signifikan.

Air mineral yang bagus sendiri beredar di pasaran, tapi juga perlu pengetahuan yang sangat mumpuni agar selektif dalam memilih air mineral yang bagus.

Fungsi Air Bagi Tubuh

Mengapa perlu selektif memilih air kemasan yang baik? Karena air yang terdapat di seluruh bagian tubuh sebagian besar berada di dalam sel dan sisanya di luar sel.

Lantas, tubuh akan berfungsi dengan optimal bila memiliki kualitas air yang sangat baik. Karena kebutuhan air yang tinggi menyesuaikan dengan ekskresi tubuh baik dari keringat maupun saluran lain.

Jumlah air yang keluar dari tubuh sendiri tidak dipatok beberapa hal, namun sangat bergantung pada aktivitas masing-masing individu. Semisal jumlah air yang keluar dari orang yang berolahraga akan lebih banyak dibandingkan mereka yang lebih memilih duduk atau bersantai seharian.

Berbeda juga jumlah cairan tubuh yang keluar bagi pelari yang memakan waktu berjam-jam dan menempuh belasan kilometer dibandingkan individu yang memilih kegiatan angkat beban.

Namun hal yang sama pentingnya adalah kebutuhan air yang baik, maka dari itu diperlukan tips dalam memilih air kemasan yang baik agar tubuh tetap sehat, konsentrasi tetap tinggi, dan organ berfungsi optimal.

Tips Memilih Air Mineral Kemasan

Kebutuhan air putih yang penting sangat bergantung pada beberapa hal, seperti merek yang merupakan hal paling mudah dipahami oleh konsumen. Selain itu, ada juga angka-angka panduan yang dibutuhkan oleh para konsumen.

Jumlah rata-rata air minum yang dibutuhkan oleh laki-laki dewasa yang berkisar di angka 2,5 sampai 2,6 liter atau kurang lebih 8 gelas per harinya. Untuk perempuan dewasa sendiri berkisar di angka 2,3 liter atau setara 7 gelas setiap harinya.

Tips berikutnya adalah memilih air mineral yang baik. Karena kualitas air yang baik akan memberikan manfaat yang sangat terasa.

  1. Pilih air minum kemasan yang masih tersegel rapat atau melalui depot isi ulang yang sudah terdaftar secara hukum maupun kualitas.

  2. Sebaiknya menghindari air minum yang sudah keruh atau segel terbuka, kemungkinan besar air yang terdapat dari air keran yang sudah direbus atau sumber lain yang tidak direkomendasikan.

  3. Pilihlah air yang memiliki nomor laboratorium atau pendaftaran resmi seperti BPOM.

  4. Hindari air mineral yang terpapar matahari dalam waktu yang cukup lama karena adanya bahan kimia industri BPA atau bisphenol-A dalam plastik yang berbahaya bagi tubuh. Sementara sebagian besar botol air plastik tidak mengandung bahan kimia ini, BPA ditemukan dalam botol polikarbonat.

  5. Pilih air minum dengan merek yang sudah terkenal dengan kualitasnya yang tentunya melalui penyedia atau penyalur resmi.

  6. Cek masa kadaluarsa karena air yang sudah lama di kemasan bisa saja mengalami penurunan kualitas.

Bahan Aman Air Minum Kemasan

Dalam pembahasan air minum kemasan tentu selain melihat kualitas air, bungkus juga memiliki bagian sendiri dalam pembahasan.

Bahan yang aman digunakan pada botol air minum kemasan adalah plastik tipe polyethylene terephthalate (PET). Merupakan salah satu plastik yang memiliki zat kimia yang teruji dan terbukti tidak larut atau tercampur dalam air kemasan.

Kelebihan lain dari bahan plastik PET adalah mampu didaur ulang dengan sempurna oleh lingkungan. Pencemaran dari timbunan sampah plastik PET akan lebih mudah terurai dibandingkan plastik jenis lain yang berdampak pada kerusakan lingkungan melalui limbah plastik.

Untuk mengurangi sampah plastik biasanya perusahaan air minum akan melakukan inovasi pada kemasan produknya, seperti menghapus penggunaan segel plastik di bagian tutup botol dan dialihkan dengan sistem kode unik.

Alasan lain karena bagian tutup botol pun bisa dipalsukan, maka dari itu penggunaan tutup yang sudah dilengkapi nomor unik dan segel bisa dengan mudah dipahami kualitas dan keasliannya.

Tentu setelah mengetahui tips memilih air kemasan yang baik juga perlu diamalkan dengan memenuhi kuota konsumsi air sebanyak 7 sampai 8 gelas per hari.

Kelebihan yang didapatkan sangat terasa di kegiatan sehari-hari, salah satu yang penting adalah menjaga fokus tetap stabil untuk melalui pekerjaan maupun aktivitas yang membutuhkan fokus yang tinggi.

Selalu percayakan juga kualitas air minum dari pegunungan seperti AQUA yang sudah mengamalkan konsep air kemasan plastik yang sehat dan bertanggung jawab dengan menghilangkan segel plastik.

Selain itu, AQUA memenuhi kualitas konsumsi air putih dari pegunungan dengan aman sampai ke tangan konsumen.

Dalam satu botol air minum kemasan AQUA terdapat kandungan mineral yang bermanfaat seperti silica, kalsium, kalium, magnesium, zinc, dan lain sebagainya. Jadi, sudahkah kamu minum AQUA hari ini?

Fide Baraguma

Saya adalah ibu dari 2 jagoan hebat yang sering terpisah jarak karena tugas abdi negara sebagai tenaga pendidik di perbatasan Sumatera Barat dan Jambi.

Related Articles

Yuk dibully!

Back to top button