Bahan Ajar

Teks Laporan Percobaan

Materi 1 mata pelajaran bahasa Indonesia adalah teks laporan percobaan. Pertemuan kali ini dibagi menjadi 2 sesi.

Sesi pertama : Memahami pengertian, ciri dan fungsi teks laporan percobaan.

Sesi kedua : Menjawab pertanyaan yang terdapat pada googel form.

Kompetensi Dasar

3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan

4.1 Menyimpulkan tujuan teks laporan percobaan

Tujuan pembelajaran ananda dapat mengidentifikasi informasi laporan percobaan.

Pengertian

Apa itu percobaan?

Percobaan = eksperimen yaitu kegiatan membuktikan suatu percobaan atau menguji suatu materi untuk mendapatkan fakta baru.

Apa itu laporan?

Laporan adalah hasil dari suatu kegiatan yang kita lakukan.

Apa itu teks laporan percobaan?

Teks laporan percobaan adalah sebuah teks yang berisi paparan data secara terperinci berupa hasil praktik, pengamatan, dan penelitian.

Ciri teks laporan percobaan

  • Disusun berdasarkan hasil percobaan, pengamatan, atau penelitian.
  • Berdasarkan fakta yang dapat diuji kebenarannya.
  • Menggunakan bahasa ilmiah baku, komunikatif, dan logis.
  • Data lengkap sebagai pendukung laporan.
  • Menarik dan interaktif.
  • Menuntaskan masalah-masalah secara terperinci dan lengkap.

Fungsi teks laporan percobaan

  • Informasi
  • Bukti
  • Dokumentasi

Teks laporan percobaan disajikan dalam bentuk laporan, deskripsi, atau eksplanasi. Teks tersebut memiliki kemiripan, tetapi jika diperhatikan ketiganya memiliki perbedaaan. Teks laporan percobaan disajikan seperti karya ilmiah. Teks deskripsi disajikan dengan penggambaran objek secara terperinci seolah-olah membaca mendengar, melihat dan merasakan objek yang digambarkan. Sementara itu, teks eksplanasi disajikan dengan teks yang menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena alam atau sosial.

Untuk lebih jelasnya, klik video berikut!

Simak sampai habis ya 🙂

Bacalah Jenis Teks berikut!

Teks 1
Sepedaku termasuk sepeda ontel-jengki yang tidak memiliki batangan, besi yang berbetuk pipa yang menghubungkan setang dan tempat duduk. Tempat duduknya terbuat dari kulit warnanya hitam tapi sudah memudar. Ban depan sepedaku memiliki garis putih yang jarang ditemukan untuk ban sepeda. Ukuran ban sekitar 18 inci. Rem tangan dan belakang terbuat dari besi bukan kabel. Bel sepeda khas berbunyi kring-kring terletak di setang kanan. Sepeda ini ku pakai ke sekolah. Teman-temanku berkelakar bahwa aku seperti naik onta, badanku kecil tidak cocok dengan sepeda yang besar. Saya mengayuh, kakiku yang pendek sepenuhnya tidak dapat mengikuti kayuhan. Kakiku menggantung di atas pedal bagian bawah.

Teks 2
Fix gear adalah gir (gigi) kaku yang menggerakkan sebuah sepeda (ataupun kendaraan lain) dan merupakan bagian yang disebut drivetrain. Divertraine merupakan gabungan komponen yang saling terhubung dan merupakan sistem penggerak sepeda terdiri atas pedal, lengan engkol (cangkram), gir depan (chainring), gir belakang (cog), dan tentu rantai. Gabungan komponen di bagian pedal yaitu pedal, lengan engkol dan gir depan. Rantai akan melingkari gir depan dan mengikatnya dengan gir belakang. dan terhubung dengan roda belakang. Ketika pedal diinjak, lengan engkol akan mengikutinya, memutar gir depan yang tertempel. Kemudian menarik rantai yan juga otomatis mengajak gir belakang untuk berputar. Karena gir menempel pada roda belakang, berputarlah roda itu dan meluncur.

Teks 3
Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau tiga yang mempunyai setang dan tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan. kaki untuk menjalankannya. Salah satu jenis sepeda yang banyak digunakan hingga tahun 1970-an adalah jenis ontel. Sepeda ontel memiliki ciri posisi duduk tegak, reputasi sangat kuat, dan bermutu tinggi. Rumah rantai tertutup. Dengan gigi yang tidak bisa diubah dan biasanya terdapat dinamo di bagian roda depan untuk menyalakan lampu. Sepeda ontel juga dilengkapi rem drum pengereman berbagai merek sepeda ontel dari berbagai negara beredar di pasar Indonesia. Pada segmen premium, misalnya merek Fongers, Gazelle, dan Sunbeam. Kemudian, para segmen di bawahnya diisi oleh beberapa merek terkenal seperti Simpleks, Bungers, Releigh, Humber, Rudge, Batavus, Philips, dan NSU.

Setelah Ananda membaca ketiga jenis teks di atas, jawablah pertanyaan yang terdapat pada link di bawah ini!

https://bit.ly/LATIHAN_PERTAMA_TEKS_LAPORAN_PERCOBAAN

Bagi Ananda yang ingin bertanya, silakan ajukan pertanyaan pada kolom komentar. Selamat bekerja…

Referensi

Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX halaman 3 dengan penerbit Intan Pariwara dan penulis Ika dan Meita

Show More

Fide Baraguma

Saya adalah ibu dari 2 jagoan hebat yang sering terpisah jarak karena tugas abdi negara sebagai tenaga pendidik di perbatasan Sumatera Barat dan Jambi.

Related Articles

7 Comments

    1. Bisa buk, Tapi kadang hasilnyo berantakan.

      Kalau mau di word, ngetik aja. Trus copy paste spesial. Agar gak berantakan.

      Setelah itu, atur lagi di dashboard postingan buk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button