Bahan AjarPendidikan

Pengertian, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Percobaan

Pernahkah ananda melakukan sebuah percobaan? Percobaan mendeteksi zat yang terkandung di dalam sebuah makanan? Percobaan ini dilakukan di laboratorium dengan mencampurkan zat-zat kimia untuk melihat reaksi yang terjadi. Atau pernahkah ananda melakukan percobaan cara membuat sesuatu untuk menguji kreativitas dan mendapatkan hasilnya?

Kegiatan percobaan tersebut dapat diinformasikan dalam bentuk laporan. Tujuannya memudahkan orang untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan memberikan informasi faktual.

Teks laporan dapat ditemukan di dalam buku referensi. Contoh teks laporan terdapat dalam ensiklopedia, dokumen, laporan eksperimen, dan presentasi kelompok.

Pada materi ini, ananda akan mempelajari mengidentifikasi informasi dalam bentuk laporan, menyimpulkan struktur laporan percobaan, kaidah kebahasaan laporan percobaan dan langkah penulisan laporan percobaan.

Informasi dalam Laporan Percobaan

Pengertian laporan percobaan

Apa itu percobaan?
Percobaan = eksperimen yaitu kegiatan membuktikan suatu percobaan atau menguji suatu materi untuk mendapatkan fakta baru.

Apa itu laporan?
Laporan adalah hasil dari suatu kegiatan yang kita lakukan.

Apa itu teks laporan percobaan?
Teks laporan percobaan adalah sebuah teks yang berisi paparan data secara terperinci berupa hasil praktik, pengamatan, dan penelitian.

Ciri-ciri laporan percobaan

  1. Disusun berdasarkan hasil percobaan, pengamatan, atau penelitian.
  2. Berdasarkan fakta yang dapat diuji kebenarannya.
  3. Menggunakan bahasa ilmiah baku, komunikatif, dan logis.
  4. Data lengkap sebagai pendukung laporan.
  5. Menarik dan interaktif.
  6. Menuntaskan masalah secara terperinci dan jelas lengkap.

Unsur-unsur laporan percobaan

Ananda dapat mengetahui unsur-unsur informasi dalam laporan percobaan berdasarkan unsur 5W + 1H. Unsur-unsur informasi dalam laporan percobaan tersebut sebagai berikut.
What (Apa) = Judul, objek, alat bahan, hasil dan simpulan.
Who (Siapa) = Pelaku percobaan
Why (Mengapa) = Tujuan percobaan
When (Kapan) = Waktu percobaan
Where (Di mana) = Tempat percobaan
How (Bagaimana) = Langkah percoban.

Simpulan Informasi dalam Laporan Percobaan

Informasi laporan percobaan

Laporan percobaan memuat informasi penting bagi pembaca. Informasi tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan banyak orang. Informasi tersebut terdiri atas unsur 5W+1H. Unsur-unsur tersebut dapat diperoleh dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut.

  1. Apa judul laporan percobaan tersebut?
  2. Apa objek laporan percobaan tersebut?
  3. Apa saja alat dan bahan yang digunakan dalam laporan percobaan tersebut?
  4. Apa hasil yang didapat dalam laporan percobaan tersebut?
  5. Siapa pelaku percobaan tersebut?
  6. Mengapa perlakuan percobaan tersebut dilakukan?
  7. Kapan laporan percobaan dilaksanakan?
  8. Di mana percobaan tersebut dilaksanakan?
  9. Bagaimana langkah percobaan tersebut?

Langkah menyimpulkan informasi dalam laporan percobaan

  1. Bacalah dengan seksama laporan percobaan tersebut.
  2. Catat setiap informasi yang terdapat dalam laporan percobaan tersebut. Ingat unsur 5W + 1H.
  3. Simpulkan informasi dari laporan tersebut.
  4. Pilihlah kosakata baku dan susun menggunakan kalimat efektif.

Contoh teks laporan percobaan untuk menemukan informasi

Menguji kandungan vitamin C pada buah dan sayur

Vitamin C terkandung pada buah dan sayuran. Untuk mengetahui dan membuktikannya, dapat dilakukan dengan memanfaatkan zat uji iodium tinktur (iodida). Jika bahan makanan tersebut setelah ditetesi iodium tinktur (iodida) berubah menjadi berwarna ungu, artinya bahan makanan tersebut mengandung vitamin C. Semakin banyak jumlah tetesan iodium tinktur yang digunakan untuk mengubah warna menjadi ungu, semakin banyak pula kandungan vitamin C.

Informasi apa yang terdapat pada teks laporan percobaan tersebut?
Jawab
Teks laporan tersebut menguji kadar vitamin C pada buah dan sayur. Tujuannya untuk mengetahui kadar vitamin C yang terdapat pada buah dan sayur. Bahan yang digunakan untuk mengujinya adalah zat iodium tinktur (iodida). Hasil yang didapatkan dalam percobaan tersebut menunjukkan bahwa bahan makanan yang ditetesi iodium tinktur (iodida) akan berubah menjadi ungu. Itu artinya terdapat viatamin C pada bahan makanan tersebut. Semakin banyak jumlah tetesan iodium tinktur yang digunakan untuk mengubah menjadi ungu, semakin banyak pula kandungan vitamin C.

Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Percobaan

Struktur teks laporan percobaan

Judul
Judul laporan percobaan dirumuskan dalam bentuk kalimat singkat, padat, komunikatif, dan jelas.

Tujuan
Tujuan adalah target yang akan dicapai dalam kegiatan yang akan dilakukan.

Alat/bahan
Alat dan bahan yang diperlukan dalam kegiatan percobaan.

Langkah-langkah
Langkah-langkah dalam kegiatan percobaan merupakan tahapan atau urutan yang harus dilakukan dalam kegiatan percobaan.

Hasil
Hasil laporan percobaan merupakan hasil yang ditemukan dan terjadi dalam percobaan. Hasil itu disajikan dalam bentuk ringkas dan sistemasti agar memudahkan orang lain memahami hasil laporan percobaan.

Simpulan
Simpulan merupakan intisari dari hasil percobaan dan pembahasan. Simpulan yang dibuat harus berdasarkan tujuan yang ingin dicapai sebelum percobaan dilakukan.

Nah, itulah 6 stuktur teks laporan percobaan yang wajib ananda ketahui. Setelah ananda membaca ulasan tersebut, kita masuk pada contoh teks laporan percobaan. Di contoh teks laporan percobaan ini, nantinya ananda diharapkan dapat menyimpulkan isi teks laporan percobaan.

Contoh teks laporan percobaan.

Cara membuat slime dengan lem povinal

Slime merupakan mainan unik berbentuk kenyal. Terbuat dari bahan polimer yang berbentuk cairan dan biasanya ditambahkan larutan polivinil alkohol dan ion borat. Mainan ini digunakan orang untuk mereda emosi dengan cara diremas-remas. Itu sebabnya mainan ini lagi trend dikalangan anak-anak. Tapi pembuatan slime yang dilakukan bebas dari alkohol agar aman. Dengan memanfaatkan bahah sederhana untuk membuat slime yang berkualitas.

Alat/bahan
Alat
Wadah/baskom
Sendok untuk mengaduk

Bahan
5 botol lem povinal
¼ gelas air
Baking powder secukupnya
2 sdt pewarna makanan

Langkah-langkah
Masukkan lem povinal ke dalam wadah.
Tambahkan air secara perlahan sambil diaduk
Kemudian tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan sambil tetap diaduk.
Pindahkan slime ke dalam wadah tertutup. Diamkan selama 30 menit.
Slime siap dipergunakan.

Hasil
Hasil percobaan yang dilakukan dapat dimainkan oleh anak-anak karena tidak mengandung bahan berbahaya sehingga aman untuk dimainkan.

Simpulan
Berdasarkan hasil percobaan dapat disimpulkan bahwa pembuatan slime sangat mudah dikerjakan. Selain bahan yang mudah didapat, slime dapat menguji kreativitas dalam pembuatannya.

Kaidah kebahasaan teks laporan percobaan

Setelah menelaah struktur kebahasaan teks laporan percobaan, ananda dapat menemukan ciri-ciri kebahasaan dari teks laporan percobaan. Berikut ciri-ciri kebahasaan yang terdapat pada teks laporan percobaan.

  1. Memperkenalkan aspek umum atau kelompok, seperti transportasi umum, makanan bergizi, makanan tradisional, mamalia, atau replitia.
  2. Menggunakan kata tugas hubungan logis, seperti maka, lalu, selanjutnya, ketika atau kemudian. Kata tugas digunakan agar tulisan tetap padu.
  3. Menggunakan kalimat aktif, seperti Aulia Putri siswa kelas IX MTsN 1 Padang melakukan percobaan uji zat makanan pada 20 Juli 2020.
  4. Menggunakan kata kerja aktif untuk menggambarkan proses dan aksi. Contohnya, melakukan, mendeteksi, menambahkan, menghaluskan, dan meletakkan.
  5. Menggunakan kata serapan dan istilah khusus sesuai dengan bidang ilmu yang berkaitan dengan objek yang diamati. Misalnya, melakukan percobaan pada uji zat makanan. Istilah yang terdapat pada teks laporan tersebut adalah reaksi, protein, konsumsi, dan alat-alat yang digunakan untuk menguji zat makanan.
  6. Tidak ada urutan waktu, yang ada urutan kegiatan.
  7. Menggunakan kata benda dan frasa benda dibandingkan dengan kata ganti orang lain.
  8. Biasanya disertai foto, diagram, atau tabel untuk memperkuat hasil pengamatan.

Penulisan Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan termasuk salah satu jenis karya tulis ilmiah berisi infomasi. Informasi tersebut merupakan hasil percobaan, pengamatan dan penelitian. Sebelum menyusun teks laporan percobaan terlebih dahulu kita menyusun kerangka teks laporan percobaan. Berikut langkah-langkah menyusun laporan teks percobaan.

  1. Menentukan judul percobaan sesuai dengan objek yang diamati atau diteliti.
  2. Menyusun tujuan percobaan berdasarkan percobaan yang telah dilakukan.
  3. Menyusun teks laporan percobaan berdasarkan struktur teks laporan percobaan.
  4. Menggunakan bahasa sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia saat menyusun teks laporan percobaan.

Kesimpulan
Hasil percobaan disusun dalam bentuk teks laporan percobaan. Teks laporan percobaan berisi penjelasan dalam bentuk uraian dan tulisan. Laporan itu disusun berdasarkan struktur teks laporan percobaan dengan menggunakan aspek kebahasaan dan mengikuti langkah-langkah penulisan agar laporan yang kita buat mudah dipahami oleh pembaca.

Referensi
Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX halaman 3 s.d 11 dengan penulis Ika dan Meitia yang diterbitkan oleh Intan Pariwara.

Fide Baraguma

Saya adalah ibu dari 2 jagoan hebat yang sering terpisah jarak karena tugas abdi negara sebagai tenaga pendidik di perbatasan Sumatera Barat dan Jambi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button