Pendidikan

Kultum Jumat Barokah Oleh Siswa Kelas IX MTsN Dharmasraya

Kegiatan pembiasaan yang rutin dilaksanakan pada hari Jumat di madrasah tempat saya mengajar adalah kultum Jumat. Acara ini dilaksanakan setiap pagi Jumat sebelum pembelajaran dimulai.

Biasanya kegiatan ini dipergilirkan setiap kelas. Kelas yang ditunjuk akan mempersiapkan dirinya tampil ke depan dengan bimbingan wali kelas untuk menyugukan penampilan terbaiknya.

Penampilan kuktum kali ini dilimpahkan kepada siswa kelas IX. Ini merupakan penampilan kultum terakhir mereka sehubungan dengan pembelajaran tahun 2020/2021 akan berakhir.

Setelah lama terhenti karena virus covid-19, rutinitas ini  kembali digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti pembagian sifh, pakai masker, cuci tangan dan tetap jaga jarak.

Acara dimulai tepat pukul 07.00 WIB. Bel panjang dibunyikan itu pertanda untuk berkumpul. Semua siswa berkumpul di lapangan mengikuti kultum tersebut.

Kultum Jumat

Pembawa acara pada kultum kali ini dibawakan dengan menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris. Acara ini dibawakan oleh Riang, Dini, dan Ahlul. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan kalam ilahi dan saritilawah oleh Suci dan Sela.

Penampilan kultum siswa kelas IX

Setelah itu, penampilan pidato tiga bahasa yang dibawakan oleh Gebi pidato bahasa Indonesia, Alyni pidato bahasa Inggris, dan Annisa pidato bahasa Arab. Mereka sangat antusias dalam membawakannya. Terlihat semangat Gebi yang berapi-api dalam menyampaikan isi pidatonya yang berjudul pentingnya menuntut ilmu.

Menariknya penampilan kultum ini adalah penampilan grup nasyd Annazifah Voice yang dibawakan oleh perwakilan siswa kelas IX.7 dengan mengusung lagu Demi Masa milik Raihan. Kemudian disusul dengan penampilan duet dari Riang dan Zidan. Terakhir pembacaan doa oleh Farel.

Setelah pembacaan doa selesai, tiba-tiba pembawa acara memanggil salah satu guru untuk menampilkan kebolehannya di depan siswa. Dan yang tampil adalah bapak Ade Putra dengan menyanyikan lagu Novia Kolopaking yang berjudul Dengan Menyebut Nama Allah. Ini sekaligus merupakan motivasi dan membangun percaya diri bagi siswa untuk tidak malu dan ragu tampil di depan umum.

Acara kultum Jumat pada hari ini berlangsung dengan hikmad dan sukses. Ini merupakan pelajaran juga bagi siswa kelas VII yang baru mengenal kegiatan tersebut. Pembiasaan ini merupakan ajang penunjukan bakat dan minat siswa untuk tampil di depan khalayak.

Fide Baraguma

Saya adalah ibu dari 2 jagoan hebat yang sering terpisah jarak karena tugas abdi negara sebagai tenaga pendidik di perbatasan Sumatera Barat dan Jambi.

Related Articles

2 Comments

  1. Subhanallah….luar biasa…ide yang cemerlang dan selalu menginspirasi

Yuk dibully!

Back to top button