Pendidikan

Kompetisi Menulis Karya Tulis Ilmiah Madrasah (MYRES) Kembali Di Gelar

MYRES merupakan akronim dari Madrasah Young Researcher Super Camp. MYRES adalah sebuah lomba penelitian karya tulis ilmiah siswa madrasah dalam berbagai bidang ilmu.

Agar budaya meneliti tumbuh dan berkembang di kalangan siswa madrasah, Direktorat Pendidikan Islam (Pendis) melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, dan Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) menyelenggarakan program Madrasah Young Researcher Super Camp (Myres).

Kompetisi ini digelar sebagai ajang kompetisi tingkat nasional yang diperuntukkan bagi siswa madrasah tingkat MTs hingga MA.

Adapun bidang yang dilombakan Myres tersebut yaitu: ilmu keagamaan islam, ilmu sosial dan kemanusiaan, matematika, sains dan pengembangan teknologi.

Kompetisi Myres pertama digelar pada tahun 2018 yang diikuti oleh 663 proposal penelitian. Jumlah proposal ini meningkat signifikan sebesar 65,13% pada tahun 2019 menjadi 1.018 proposal.

Peningkatan ini terjadi karena meluasnya sosialisasi yang dilakukan oleh Direktorat KSKK sehingga kompetisi ini bisa diikuti oleh siswa madrasah di seluruh propinsi Indonesia, baik madrasah negeri maupun swasta.

Kini dalam era new normal pandemi Covid-19, Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah mengulang sejarah kembali dengan membuka kompetisi Myres 2020.

Tujuan diadakan lomba ini adalah menumbuhkembangkan budaya meneliti di kalangan siswa/i madrasah, memotivasi siswa/i madrasah melakukan riset dalam tatanan new normal di masa pandemi Covid-19, sebagai sarana pembelajaran bagi siswa/i madrasah dalam menuangkan ide dan gagasan kreatif dalam sebuah tulisan, membangun sikap bertanggung jawab terhadap lingkungan dan terampil dalam berkomunikasi dalam menulis karya ilmiah, serta menyiapkan siswa/i bersaing di era revolusi.

Bidang lomba Kompetisi Madrasah Young Researcher Super Camp dikelompokkan sebagai berikut.

Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut.

Semua terangkum dalam juknis Myres 2020.
Ada perubahan jadwal pengunggahan proposal yang semula tanggal 27 Agustus  2020 diperpanjang hingga tanggal 25 September 2020.

Berikut agenda kegiatan Myres yang telah diperbarui.

Untuk informasi selanjutnya langsung saja masuk pada laman http://madrasah.kemenag.go.id/myres2020

Untuk itu, sebagai pendidik diharapkan motivasi dan kerjasama dengan peserta didik atas keberhasilan penyelenggaraan Kompetisi Madrasah Young Researcher Super Camp.

Ayo dukung kegitan MYRES untuk menciptakan generasi muda berprestasi dan produktif khususnya siswa/i madrasah yang siap bersaing di era revolusi industri.

Show More

Fide Baraguma

Saya adalah ibu dari 2 jagoan hebat yang sering terpisah jarak karena tugas abdi negara sebagai tenaga pendidik di perbatasan Sumatera Barat dan Jambi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button