Life Style

Kaktus Hias Kesayangan Memanjakan Mata

Kaktus Hias Kesayangan Memanjakan Mata – Berawal dari postingan yang mengunggah koleksi kaktusnya  di galeri sukulen milik pribadi teman. Saya kepincut dengan kaktus yang berwarna merah muda. Bagi saya tanaman ini sekilas seperti kepala kartun mickey mouse yang lucu dan menggemaskan.

Saya segera memesannya. Semula, kaktus ini tidak dijual oleh pemiliknya, katanya mau dijadikan indukan. Berkat bujuk, rayuan maut serta negosiasi yang sengit, akhirnya kaktus ini melayang juga ke rumah saya.

Butuh perjuangan untuk mendapatkan kaktus ini, mengingat jarak tempuh perjalanan kaktus yang melintasi kota dan kabupaten yang menempuh lima jam perjalanan. Ditambah dengan bantuan orang-orang tersayang.

Siapakah Dia?

Adalah Gymnocalycium yang biasa disebut juga dengan chin cactus. Kaktus ini dikenal juga dengan kaktus pucuk merah. Beragam warna yang dihasilkan dari kepala bunga ini. Ada warna merah, merah muda, dan kuning.

Kaktus Gymno adalah genus tanaman yang berasal dari Amerika Selatan. Kaktus unik ini menyebar luas di Argentina, Bolivia Selatan, Uruguay, dan sebagian di Brasil.

Ini merupakan kaktus perdana saya. Kaktus ini siap mempercantik tampilan ruangan rumah yang saya letakan di sudut ruangan. Saya manamainya kaktus Redpink.

Bagaimana Perawatan Kaktus Gymno?

Perawatan kaktus ini cukup mudah. Bagi saya pecinta kaktus pemula ini, saya juga belajar dan bertanya-tanya juga pada teman yang sudah lebih dulu merawatnya.

Tempatkan kaktus pada lokasi teduh. Sesekali ajaklah kaktus kesayangan untuk bertatap muka dengan matahari. Cukup siram kaktus kesayangan 2 kali dalam seminggu menggunakan sprai. Cukup mudah bukan?

Kaktus Kedua Saya

Tak hanya puas sampai di sana. Saya juga mencari beberapa kaktus hias yang cocok untuk menghiasai ruangan dan mencari teman buat kaktus pertama.

Awalnya tak ada perencanaan untuk membeli tanaman gurun pasir ini. Berjalan-jalan bersama buah hati ke lapangan, ternyata di sana ada orang yang menjajakan khusus tanaman kaktus.

Bukan senangnya hati ini melihat kaktus mini yang berwarna-warni memanjakan mata. Lalu saya memilih jenis kaktus Haworthia, si zebra dan lima jenis kaktus lainnya.

Haworthia, Si Zebra

Liat dari bentuknya yang unik seperti belang-belang zebra, menjadikan kaktus ini sebagai kaktus kedua saya. Kaktus zebra sangat lambat pertumbuhannya seperti yang dibilang oleh penjualnya. Tanaman ini cenderung terlihat menarik jika diletakkan di dalam wadah kecil dengan tanah berpasir. Maka untuk memeliharanya diperlukan perawatan yang baik.

Bagaimana Merawat Haworthia?

Letakkanlah kaktus ini pada cahaya sinar matahari tidak langsung. Jika mendapati tanaman ini memutih atau daunnya menguning itu berarti terlalu banyak berjemur. Sama halnya dengan kaktus gymno, cukup menyiramnya 2 kali seminggu. Biarkan media tanah kering. Jangan pernah biarkan air menggenang di sekitar area pot. Berikan pupuk kaktus.

Penyebab Haworthia Gagal Tumbuh

Secara umum kaktus ini tidak memiliki hama atau penyakit penting. Hanya saja perlu perawatan ekstra dalam memiliharanya. Seperti masalah jamur dan  busuk akibat kelembaban suhu ruangan yang tidak baik dan penyiraman yang berlebihan adalah penyebab terbesar dari gagal tumbuhnya tanaman ini.

Oleh sebab itu, dibutuhkan perhatian terhadap tanaman ini agar hidup dan tumbuh berumur panjang.  Saya sebagai pecinta kaktus pemula juga harus giat merawatnya.

Siapakah Kaktus Kesayangan Saya Selanjutnya?

Kaktus mini selanjutnya yang saya koleksi adalah Cereus tetragonous. Kaktus asal Amerika yang berbentuk seperti kastil ini bisa hidup mencapai 2 meter. Kaktus ini juga disebut dengan kaktus koboi kerena bentukya yang simple dan ada juga memiliki cabang. Cocok di tanam di media pot dan tanaman pagar.

Kaktus rambut nenek. Memiliki nama latin Mammilillaria hahniana. Bentuknya bulat berhias duri dan rambut lebat seperti uban. Kaktus ini bisa tumbuh hingga 25 cm dan menghasilkan bunga pink yang tumbuh di kepalanya.

Kaktus mini yang kelima yang saya koleksi adalah kaktus kelinci. Terkenal dengan nama Bunny Ears Cactus. Pemilik nama latin Opuntia microdasys ini bisa tumbuh setinggi 90 cm dan lebar hingga 1,8 m. Wah, cukup lebar juga ya kaktus jenis ini.

Ada dua jenis kaktus lagi yang menjadi koleksi saya. Namun, karena saya pemula jadi kurang tahu ini kaktus jenis apa. Melihat kaktus ini yang unik, jadi saya ambil buat menemani kaktus yang lainnya. Anda bisa bantu saya menjawab pertanyan ini? Tulis dikolom kementar ya! Terima kasih sudah berkujung di baraguma.com.

Foto: Dokumentasi pribadi baraguma.com

Fide Baraguma

Saya adalah ibu dari 2 jagoan hebat yang sering terpisah jarak karena tugas abdi negara sebagai tenaga pendidik di perbatasan Sumatera Barat dan Jambi.

Yuk dibully!

Back to top button