BisnisCerita

Belajar Menjahit Yuk!

Belajar menjahit secara otodidak pernah saya lakoni. Berbekal pengalaman melihat almarhum Mama yang hobinya menjahit. Disamping itu, saya juga bertanya pada nenek yang mempunyai hobi yang sama.

Berawal dari sinilah, saya mempunyai ketertarikan pada bidang keterampilan yang satu ini. Siapa yang tidak bangga dapat menciptakan baju hasil karya sendiri.

Selain desainnya yang unik dan tidak pasaran. Hobi menjahit membuat kita kreatif menciptakan inovasi produk baru.

Sebelum membahasnya lebih dalam, kita simak dulu paparan dari menjahit berikut ini.

Apa itu menjahit?

Menurut wikipedia, menjahit adalah pekerjaan menyambung kain, bulu, kulit binatang, pepengan dan bahan-bahan lain yang bisa dilewati jarum jahit dan benang.

Menjahit dapat dilakukan dengan tangan memakai jarum tangan atau dengan mesin jahit.

Orang yang bekerja menjahit pakaian disebut penjahit. Penjahit pakaian pria disebut tailor sedangkan penjahit pakaian wanita disebut modiste. Pendidikan menjahit dapat diperoleh di kursus menjahit atau sekolah mode.

Sedangkan menurut saya, menjahit merupakan keterampilan suatu barang dengan menyambungkan kain berdasarkan pola yang telah dirancang untuk kemudian dijahit menggunakan tangan atau mesin jahit.

Apa saja yang dihasilkan dari menjahit?

Berbagai produk yang dihasilkan dari menjahit diantaranya yaitu pakaian, alas kasur, tirai, taplak meja, sapu tangan, kain sarung, kain pelapis mebel dan kain pelapis jok.

Sementara itu, benda lain yang dihasilkan dari menjahit seperti tas, sepatu, bendera, boneka dan jilbab.

Anda pernah mendapati baju yang robek pada ketiak? Atau kancing baju yang terlepas? Ini adalah salah satu dari sebagian kecil jahit menjahit yang mesti Anda lakoni.

Jika sudah seperti ini, mau tidak mau kita harus bisa menjahitnya kembali pakaian yang robek, apalagi itu adalah baju kesayangan Anda.

Nggak mungkin juga kan, Anda pergi ke tukang jahit hanya untuk menyambungkan jahitan yang robek pada ketiak.

Nah, inilah salah satu manfaat yang kita dapatkan dari menjahit. Apa saja gunanya, simak ulasan berikut ini.

Manfaat Menjahit

Menjahit merupakan suatu keterampilan yang harus ada pada semua orang. Tidak untuk orang lain. Melainkan untuk diri pribadi. Seperti menyelesaikan pekerjaan yang sudah saya singgung di atas.

Berikut manfaat menjahit

  • Membuat pakaian untuk dikonsumsi sendiri.
  • Membuat pakaian untuk orang lain.
  • Menciptakan desain yang menarik.
  • Menciptakan produk-produk baru.
  • Menghasilkan sebuah barang dari pakaian lama.
  • Mengubah pakaian lama menjadi baru.
  • Melatih kesabaran.
  • Lebih hemat.
  • Mengasah sisi kreatif.
  • Menjadi ladang bisnis.

Dari Mana Belajar Menjahit?

Bagi Anda yang tertarik pada bisnis ini, Anda bisa mendalami teori-teori menjahit lewat kursus atau terjun langsung pada yang ahlinya.

Anda bisa mendapatkan lewat les kursus menjahit 6 bulan atau mempelajarinya melalui video tutorial di YouTube. Mudah bukan?

Bahkan penjahit profesional mempunyai tarif yang lumayan merogoh kocek. Karena jahitannya rapi dan berkelas. Jika Anda sudah ahli dalam menjahit, pundi-pundi akan segera menghampiri Anda.

Pada kesempatan ini, baraguma.com tidak membahas teknik menjahit, karena ini hanya sebatas hobi saya dan suka bongkar-bongkar pakaian lama untuk dijadikan sebuah barang. Mumpung waktu ini liburnya cukup panjang, yuk manfaatkan waktu Anda dengan menjahit.

Rugi rasanya jika kita mempunyai mesin jahit yang hanya jadi pajangan di sudut ruang. Punya mesin jahit, tapi tidak pernah digunakan. Jadi orang yang merugi kan…

Terkadang saya menjahit berdasarkan ide sesuka hati dan dalam sekejap saya bisa menciptakannya.

Menilik Ongkos Menjahit Dari Sebuah Jasa Produksi Pakaian

Mengapa ongkos jahit baju tailor lebih mahal dibandingkan dengan baju konveksi? Anda pernah bertanya seperti itu nggak?

Seperti yang saya lansir pada laman harga.web.id, bahwa ongkos jahit baju tailor lebih mahal dibandingkan baju konveksi. Karena perbedaan pengerjaannya. Baju tailor dilakukan dalam satuan skala kecil dan konveksi skala besar.

Konveksi

Konveksi merupakan sebuah jasa produksi pakaian dalam pembuatan skala besar. Konveksi biasanya mengerjakan pakaian seragam sekolah, segaram dinas, dan pakaian jadi.

Selain itu, konveksi juga menghasilkan produk seperti tas, sepatu, sandal, dan topi yang proses pengerjaannya membutuhkan banyak orang.

Koveksi dilakukan oleh sedikit orang dibandingkan pabrik. Pengawasan dan hasilnya langsung dipantau oleh orang yang mengerjakannya.

Hanya saja sistem seperi SOP kurang tertata seperti gamen yang menyebabkan konveksi lambat dalam pengerjaan.

Garmen

Garmen berbeda dari konveksi jika ditinjau dari segi kualitas produksinya. Mendengar kata garmen, kita dilayangkan pada suasana pabrik yang penuh dengan berton-ton kain. Berisi ribuan karyawan dengan peralatan mesin jahit yang canggih.

Ciri khas perusahaan garmen ialah pada penerapan sistem CMT (Cut, Make & Trim) yang merupakan suatu proses dari pemotongan, menjahit, hingga proses finishing. Semua pekerjaan pokok dikerjakan oleh divisi yang berbeda. Proses controling dilakukan oleh divisi quality control.

Produk yang dihasilkan dari garmen hanya tertuju pada satu jenis barang saja, seperti pakaian seragam. Karena pangsa pasarnya adalah supermarket yang ada di mall.

Tailor dan Modiste

Tailor adalah sebuah usaha rumahan yang biasa menerima jasa pembuatan pakaian untuk perorangan. Tentu masalah kualitas lebih terjamin, karena untuk pembuatan satu jenis pakaian mereka akan mengukur secara detail.

Masalah bahan baku juga sangat ditentukan. Biasanya si pengguna jasa akan menentukan jenis bahan yang akan dipakai untuk pakaian yang akan dibuat.

Tailor dan modiste sama-sama bergerak pada dunia perjahitan. Modiste lebih fokus pada pakaian khusus wanita yang nantinya akan dijual pada sebuah butik.

Itulah mengapa ongkos jahit tailor atau modiste lebih mahal dibandingkan dengan yang lain.

Jenis Pakaian Ongkos Jahit

Tailor Konveksi

Jaket Rp350.000 Rp180.000

Kemeja Rp250.000 Rp150.000

Celana Panjang Rp300.000 Rp150.000

Celana Pendek Rp200.000 Rp100.000

Rompi Rp250.000 Rp150.000

Data di atas adalah gambaran harga jahit. Ini merupakan acuan bagi Anda yang ingin memilih ongkos jahit yang sesuai dengan kantong. Apalagi jika Anda bisa menjahit dan lebih hemat pengeluaran.

Sebenarnya ongkos jahit itu tergantung pada model yang akan dibuat dan dikaitkan dengan waktu pengerjaannya.

Relatifnya, 1 baju dibutuhkan waktu 1 minggu dalam mengerjakannya, kecuali baju tertentu. Misal baju pesta, gaun, burkat, berpayet dan berbordir yang membutuhkan lebih dari 1 minggu.

Jika Anda sudah tahu dengan harganya, tak salahnya kan belajar menjahit sejak dini.

Sisi Kreatifitas yang Dihasilkan Dari Menjahit

Apa saja yang bisa kita hasilkan dari menjahit?

Menjahit pakaian yang robek

Anda pernah mendapati pakaian robek dan membiarkannya begitu saja atau masih tetap memakai pakaian itu?

Ya. Setidaknya menjahit pakaian yang robek dapat melatih kesabaran kita dalam menjahit. Apakah itu menggunakan jarum tangan atau mesin jahit? Semua itu tergantung pada Anda.

Mengecilkan pakaian yang sudah jadi

Terkadang, pakaian yang kita beli tidak sesuai dengan kehendak yang kita miliki. Jika Anda terampil dalam menjahit, ini bisa jadi andalannya.

Anda dapat mengecilkan baju itu dengan mengambil sisi sebelahnya. Mengambil untuk mengecilkan ketiak, badan hingga pinggul. Tak lupa pula menarik kopnat untuk membentuk tubuh ramping Anda.

Mempermak pakaian lama menjadi baru

Ini saya lakukan pada celana yang sudah menumpuk di dalam kamar. Saya akan mempermaknya menjadi celana pendek untuk kedua putra saya.

Membuat baju dari kain panjang

Berbagai kreatifitas muncul setelah kita sering mengasah keterampilan. Memanfaatkan kain panjang untuk dijadikan baju hamil kala itu.

Saya akan mensortir kain panjang mana yang layak untuk dijahit. Jika bisa, pilihlah kain panjang yang bermotif unik dan tebal.

Saya akan mengeksekusi dan menyulapnya menjadi baju hamil yang cantik ditambah dengan guntingan bordir di dadanya.

Membuat tas dari celana jeans

Sisi lain kreatifitas yang bisa dilahirkan dari menjahit adalah membuat tas dari celana jeans.

Hal ini terinspirasi dari menumpuknya celana jeans yang ada di dalam lemari. Anda memiliki tas dengan hasil karya sendiri yang unik dan tidak pasaran.

Membuat alas kasur

Berhubung saya memiliki 2 buah tempat tidur yang letaknya berdekatan, maka saya mempunyai sebuah ide untuk menciptakan alas kasur yang melekat sekaligus pada 2 buah tempat tidur.

Biasanya saya kerepotan dalam mengganti alas kasur yang mesti dilakukan secara bergantian. Tapi sekarang tidak lagi.

Membeli bahan sesuai dengan karakter yang kita inginkan. Berikan gambaran pada si penjual bahan, berapa cm kain yang dibutuhkan.

Kesimpulan

Belajar menjahit memang dibutuhkan oleh setiap insan. Menjahit hal-hal kecil untuk memudahkan pekerjaan kita. Ada begitu banyak manfaat yang Anda dapatkan dari menjahit, salah satunya adalah melatih kesabaran. Nah, sudah siapkah Anda belajar menjahit hari ini?

Referensi

5 Manfaat Belajar Menjahit


https://harga.web.id/bagaimana-cara-menghitung-ongkos-jahit.info

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button