KesehatanParenting

Agar Si Kecil Mau Makan Nasi. Kenali Penyebab dan Solusinya.

Agar Si Kecil Mau Makan Nasi. Kenali Penyebab dan Solusinya- “Kenapa ya anak saya susah makan nasi”? “Anak si A makannya lahap, anak si B, makannya banyak, anak saya nggak mau makan”.

Itulah kalimat yang dilontarkan oleh para moms di luar sana ketika berkumpul untuk sekedar ngerumpi. Terkadang saya merasa risih mendengar keluhannya.

Siapa sih yang tidak ingin anaknya makan dengan lahap. Semua makanan yang terhidang di meja makan akan ludes dengan sekejap.

Sebagai orang tua, memenuhi kebutuhan gizi anak itu penting. Mengingat pertumbuhan mereka yang begitu cepat. Khawatir kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan mereka tidak terpenuhi.

Susah makan, apalagi untuk makan nasi. Kita harus jeli mencari cara agar buah hati kita mau makan. Mulai dari mempersiapkan menu yang mungkin menarik untuk si kecil.

Setelah di eksekusi di dapur dan menghidangkannya di meja makan, ternyata si kecil tak menyentuh sedikitpun makanan tersebut.

Rasa marah dan kecewapun mendarat. Memaksa si kecil untuk makan, menyuapinya berjam-jam dan pada akhirnya makanan terbuang serta mengancam tidak boleh bermain. Tapi cara itu tidak ampuh bagi si kecil yang memang mempunyai watak keras.

Kita sebagai orang tua harus memahami mengapa si kecil berbuat demikian. Seperti yang saya lansir pada laman kompas.com.

Ada beberapa faktor yang menjadi kendala diantaranya:

  • Apakah si kecil selalu diberi minum susu sebelum makan?

  • Apakah si kecil biasa ngemil sebelum makan?

  • Apakah ada jarak yang cukup untuk waktu makan?

  • Apakah makan yang disiapkan menarik untuk disajikan?

  • Apakah rasa makanan moms tidak enak?

  • Anak tidak energik atau tidak aktif, tidak akan merasa lapar pada saat waktu makan tiba.

  • Apakah si kecil alergi makanan? Apakah perut si kecil mengalami gangguan?

Nah, jika kita sudah kenali penyebabnya, maka para moms akan mencari solusi agar si kecil mau makan nasi.

Tips agar si kecil mau makan nasi

Di sini saya akan memberikan tips agar anak mau makan berdasarkan pengalaman.

1. Lakukan kebiasan tidak memberi susu atau makanan ringan sebelum makan nasi.

Kebiasaan ini ampuh saya lakukan agar anak mau makan nasi. Ketika bangun tidur, jangan sodorkan kepada si kecil untuk minum susu atau makan makanan ringan. Terkadang, kita malas menyiapkan sarapan untuk si kecil.

Ujung-ujungnya memberikan makan siap saji atau camilan sekedar penyumbat perut mereka menjelang siang. Hal ini akan tertanam pada si kecil kebiasaan buruk moms yang memberikan makanan tersebut.

Mereka akan merengek untuk dibelikan camilan sebelum makan nasi. Hal hasil perut mereka kenyang dan susah diajak makan. Biasakanlah untuk memberinya makan nasi terlebih dahulu. Luangkanlah waktu moms jika moms seorang pekerja untuk menyiapakan sarapan buat si kecil.

2. Buatlah menu nasi yang bervariasi

Untuk menghidangkan makanan yang bervariasi tidak terlepas dari cara kita menyajikannya. Kombinasikanlah makanan kesukaannya, seperti telur mata sapi, mie goreng, suwiran selada dan bakso.

Kemudian bentuk nasi menjadi karakter kartun kesukaannya. Tambahan sedikit mentega untuk menciptakan rasa gurihnya. Dengan cara seperti itu, biasanya si kecil tergugah seleranya untuk makan dan tak sabar untuk menyantapnya.

Moms juga bisa memberikan pilihan pada si kecil, menu apa yang akan dibuat selanjutnya. Yuk moms di coba!

3. Ciptakan suasana baru saat makan Mungkin ini salah satu penyebab si kecil tidak mau makan.

Terbatas pada sisi ruang yang itu-itu saja. Coba deh, ajak si kecil untuk makan di luar rumah. Ajak si kecil ke taman sambil membawanya jalan-jalan di pagi atau sore hari.

Buatkan menu kesukaannya. Sambil bermain-main di taman, nasi yang di bawa dari rumah habis dengan tidak ada paksaan. Cara kedua, alihkan perhatiannya saat makan. Moms bisa saja memberikan makan pada si kecil di saat dia sedang menonton kartun kesukaannya. Bahkan sambil bermain game.

4. Beri kebebasan pada si kecil

Kebebasan di sini maksudnya adalah membuat suasana makan yang menyenangkan. Mungkin mereka bosan dengan makan yang terus menerus disuapi. Adakalanya si kecil makan secara mandiri. Tidak perlu disuapi tanpa bantuan.

Jangan pikirkan masalah berantakannya. Toh, dengan begitu si kecil bisa makan tanpa disuapi. 5. Libatkan si kecil untuk makan bersama Keluarga Cara kelima ini adalah mengajak si kecil untuk bergabung makan bersama keluarga.

Libatkan si kecil untuk nimbrung makan bersama keluarga. Dengan cara ini, si kecil akan mempunyai semangat untuk segera melahap makanannya. Terlebih lagi bagi si kecil yang mempunyai kakak.

Melihat kakaknya yang makan dengan lahap, mau tidak mau sang adik juga ikut nurutin jejak kakaknya. Tidak salahnya moms memberikan sedikit cabe untuk sensasi pedas bagi lidah si kecil.

6. Berikan asupan tambahan bagi si kecil Memberikan vitamin pada anak adalah cara terbaik untuk memenuhi nutrisinya.

Kandungan vitamin ini, bisa didapat dari buah-buahan. Biasakan anak untuk selalu makan buah. Dengan kebiasaan ini akan membuat pencernaannya menjadi lancar.
Atau moms dapat membeli vitamin dalam bentuk kemasan siap untuk di minum. Dengan pilihan rasa yang bervariasi, si kecil akan suka dan memberikan efek mau makan nasi.

7. Memberikan hadiah padanya jika mau makan nasi Berbagai cara kita lakukan agar anak mau makan nasi.

Cara ini tidak mustahil kita lakukan agar si kecil mau makan. Ya. Memberikan hadiah. Itulah cara kita sebagai orang tua mengapresiasikannya dengan memberinya hadiah.

Saya biasanya mengajak mereka balapan makan dengan si kakak. Siapa yang menang akan dapat hadiah. Hadiah yang saya berikan berupa kue, permen atau es krim. Tidak ada salahnya memanjakan mereka dengan memberi hadiah.

Si anak akan memilih untuk makan dengan mengharapkan imbalan. Tapi, moms jangan terlalu keseringan ya. Lakukan ketika cara-cara di atas sudah tak mampu lagi dijalani.

8. Periksalah kondisi perutnya

Ini cara terakhir yang saya lakukan pada si kecil. Jika cara di atas tidak ampuh lagi untuk digunakan, maka solusinya adalah memperhatikan kondisi perut si kecil.

Adakah moms memperhatikan buang air besar si kecil? Lancar tidak? Jika tidak, mungkin ada masalah pada ususnya yang menyebabkan perut si kecil kembung. Tidak berselera untuk makan, atau makanannya tidak habis.

Untuk itu, cara yang saya lakukan adalah memberikan pijatan ringan pada si kecil. Berikan pada yang ahlinya ya. Setelah melakukan pijatan, anak saya yang paling bungsu langsung meminta makan.

Itu mungkin efek dari pemijatan. Semulanya perut kembung, badan uring-uringan karena rewel akan dibablas penyakitnya melalui pijatan.

Coba terapkan cara ini ya moms! Nah, itulah cara yang saya lakukan jika si kecil bermasalah dalam urusan makan. Dengan telaten melakukan cara tersebut, Insya Allah buah hati moms mau makan. Sama halnya dengan yang terapkan pada kedua putra saya. Gimana moms, udah ketemukan solusinya? Yuk dicoba!!!

Sumber: https://amp.kompas.com/lifestyle/read/2020/01/27/210900520/anak-susah-makan-bisa-jadi-8-alasan-ini-penyebabnya https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/ninda/cara-agar-anak-mau-makan-nasi

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button