Tips Rawat Motor ala Kurir, Cek Bagian Ini Agar Motor Tetap Aman Digunakan

Motor adalah salah satu alat transportasi yang banyak digunakan oleh kurir untuk mengantarkan paket barang atau dokumen.

Bayangkan waktu yang dihabiskan oleh kurir dengan motor kesayangannya setiap hari. Kemudian bayangkan juga berapa lelahnya motor tersebut menemani hari-hari super sibuk sang kurir.

Oleh karena itu ada beberapa bagian dari motor yang harus diperhatikan menurut kurir agar motor tetap aman digunakan meski menempuh jarak ratusan kilometer perhari.

Cek berkala motor

Motor memiliki beberapa bagian yang penting untuk di cek secara rutin agar dapat berfungsi dengan baik dan aman untuk digunakan. Nah bagian apa saja yang harus diperhatikan agar motor yang dikendarai berada pada performa terbaiknya menurut kurir.

Kondisi Ban

Bagian terpenting sebuah motor itu adalah ban. Yang mana ban adalah bagian yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan.

Ban yang bocor, kempes, atau aus dapat menyebabkan motor sulit dikendalikan, tergelincir, atau bahkan pecah. Kurir harus memeriksa tekanan angin, ketebalan, dan kondisi ban secara berkala.

Kanvas Rem

Jika ban sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan, segera ganti dengan yang baru. Jangan sampai ban menjadi sumber masalah dijalanan

Kanvas Rem adalah bagian yang berfungsi untuk menghentikan atau mengurangi kecepatan motor. Rem yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan motor tidak dapat berhenti dengan tepat, menabrak kendaraan lain, atau terjatuh.

Bukan hanya kanvas rem, sebagai kurir, kita harus memeriksa kabel, selang, cakram, dan tromol rem secara rutin. Jika rem sudah aus, longgar, atau bocor, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.

Lampu

Lampu adalah bagian yang berfungsi untuk memberikan penerangan dan sinyal pada motor. Lampu yang mati, redup, atau rusak dapat menyebabkan motor tidak terlihat oleh pengendara lain.

Jika kondisi lampu motor tidak baik atau rusak. Kita tidak dapat memberikan sinyal belok atau berhenti. Jika ini terjadi potensi melanggar aturan lalu lintas akan tinggi bahkan berdampak pada keselamatan kurir itu sendiri.

Artinya kurir wajib memeriksa bohlam, kabel, soket, dan sekring lampu secara rutin. Jika lampu sudah mati, redup, atau rusak, segera ganti dengan yang baru.

Aki

Aki adalah bagian yang berfungsi untuk menyimpan dan mengalirkan arus listrik pada motor. Aki yang lemah, kering, atau rusak dapat menyebabkan motor tidak dapat dihidupkan, lampu tidak menyala, atau klakson tidak berbunyi.

Kurir harus memeriksa tegangan, air aki, dan terminal aki secara rutin. Jika aki sudah lemah, kering, atau rusak, segera isi ulang atau ganti dengan yang baru.

Oli Mesin

Oli adalah bagian yang berfungsi untuk melumasi dan mendinginkan mesin motor. Oli yang kotor, berkurang, atau bocor dapat menyebabkan mesin motor berisik, panas, atau macet.

Kurir harus memeriksa warna, volume, dan kebocoran oli secara rutin. Jika oli sudah kotor, berkurang, atau bocor, segera ganti dengan yang baru.

Rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian oli dikisaran angka 2500 Km. Biasanya, biaya yang perlu dibayarkan, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Berita bagusnya dalam beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa.

Ini dikarenakan oli motor matic yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi terkini yaitu teknologi ester. Jadi wajar kalau retailer ini mengklaim ketahanan oli bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Tune up Motor Rutin

Tidak hanya servis biasa. motor juga harus rutin melakukan Service Motor Tune up. Tune up servis rutin biasanya meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan.

Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Tidak terkecuali  tune up juga disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, biasanya mekanik akan mengkonfirmasi dan edukasi terlebih dahulu. Kalau setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Bengkel Servis Terbaik Langganan Kurir

Sebagai kurir, efisiensi waktu dan keunggulan lainnya pada bengkel servis terbaik tentu menjadi pertimbangan. Mencari bengkel terbaik dengan pelayanan prima menjadi pilihan yang tepat.

Planet Ban menjadi rekomendasi terbaik sebagai bengkel servis dengan pelayanan prima. Planet Ban menawarkan servis motor rasa baru.

Mengadopsi sistem servis terpadu. Planet Ban memberikan layanan jenis service motor seperti ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat.

Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin oleh servis motor di tempat lain.

Kenapa Kurir Servisnya di Planet Ban?

Planet Ban menawarkan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).

Sejalan dengan itu, karena oli yang ditawarkan berkualitas tinggi. Jadi ganti oli cukup empat sampai enam bulan sekali. Kalau dikalkulasikan melalui kilometer, penggantian oli bisa dilakukan setiap mencapai jarak tempuh 5000km.

Artinya kurir bisa lebih menghemat biaya perawatan ganti oli hingga bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Planet Ban juga menyediakan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih aman, nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan terasa lebih enteng.

Beda Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Jika servis di tempat lain, merasa kurang puas karena masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor.

Tak jarang masih banyak ditemukan kotoran dan debu di bagian dalam urgen seperti di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Beda pasal jika servisnya rutin di Planet Ban. Dipastikan seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru.

Sebut saja bagian terdalam seperti kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body. Semuanya dibersihkan dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Itu kenapa servis motor di Planet Ban bikin motor seperti punya mesin baru. Benefitnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Bicara soal harga, Planet Ban juga mematok harga paling terjangkau dengan layanan super lengkap. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000 an saja.

Nah masih ragu buat servis rutin di Planet Ban? Coba aja dulu dan rasakan servis motor rasa baru. Setelah itu, yuk share keseruan servisnya di kolom komentar.

Fide Baraguma
Fide Baraguma Ibu dari dua jagoan hebat yang mengabdi diperbatasan Sumatera Barat dan Jambi

Posting Komentar untuk "Tips Rawat Motor ala Kurir, Cek Bagian Ini Agar Motor Tetap Aman Digunakan"